Jenis Tanah yang Cocok untuk Penggalian Sumur Bor

Membuat sumur bor adalah salah satu pilihan yang sangat tepat untuk Anda jika Anda ingin memiliki penampungan air tambahan yang digunakan mungkin suatu rumah kos ataupun asrama, pasti sumur bor adalah pilihan alternatif yang paling memungkinkan.

Anda yang memiliki satu lahan kosong yang berniat akan membuat suatu sumur bor, Anda sebelumnya harus tahu terlebih dahulu apakah tanah Anda tepat untuk dijadikan tempat penggalian sumur bor ini. Maka dari itu artikel ini akan membahas mengenai tanah yang tepat untuk gali sumur bor, yang bisa menjadi pengetahuan untuk Anda.

Apakah Tanah Menjadi Satu Pertimbangan untuk Membuat Sumur Bor?

Memang tak jarang orang baik itu Anda sendiri atau bahkan para pembuat jasa sumur bor, terkadang cukup menganggap tanah ini menjadi masalah yang cukup sepele. Padahal untuk tanah sendiri ini merupakan satu hal yang penting dan tidak boleh luput dariĀ pembuatan sumur bor.

Pemilihan lokasi dan tanah yang menjadi tempat untuk membuat suatu sumur bor seharusnya sudah dipikirkan sangat matang agar tidak menjadi masalah di kemudian harinya, yang tentunya akan membuat Anda sangat kesusahan untuk memperbaikinya.

Masalah yang mungkin terjadi jika tidak mempertimbangkan tanah yang tepat untuk gali sumur bor, diantaranya adalah:

  • Air yang akan keluar dari sumur bor, kualitasnya akan menjadi menurun.
  • Air sumur bor tidak akan keluar dengan maksimal.
  • Memungkin kan adanya pecahnya saluran yang mengakibatkan tanahnya bisa longsor dan akhirnya rusak semua sumur bor dan lahan yang dijadikan tempat sumur bor.

Tanah yang Tepat Untuk Melakukan Penggalian Sumur Bor

Jika berbicara mengenai jenis tanah tentu tanah yang berada seperti di dataran tinggi akan memiliki hasil sumber mata air yang luar biasa jernih dan bening. Namun Anda yang berada di dataran rendah, Anda tidak perlu khawatir, Anda hanya perlu mengakalinya dengan menambah kedalaman dari sumur bor tersebut untuk mendapatkan hasil air yang jernih dan bening.

Kemudian tanah ini akan lebih baik jika tidak terlalu keras dan juga tidak terlalu basah. Apabila terlalu keras, akan sangat mungkin terjadi adanya penyumbatan dari pipa air karena terlalu keras sehingga bisa menekan pipa dengan keras.

Kemudian tanah yang baik juga tanah yang tidak terlalu basah, hal ini disebabkan apabila tanah yang akan digunakan untuk membuat sumur ini basah, maka jika ada kebocoran sedikit dari pipa yang Anda buat akan menyebabkan tanah yang Anda buat sebagai sumur bor amblas dan akhirnya Anda harus membuat sumur bor lagi.

Pemilihan Posisi Letak Tanah dalam Penggalian Sumur Bor

Ini cukup penting untuk diingat Anda, bahwa dalam pemilihan letak tanah dalam penggalian sumur bor ini pun juga tidak boleh sembarang. Ada satu hal yang mungkin cukup penting bagi Anda yang ingin membuat sumur bor, yaitu jika Anda yang ingin membuat sumur bor maka Anda bisa memastikan bahwa bor sumur ini tidak dekat dengan septic tank ataupun limbah apapun.

Dengan bercampurnya limbah tersebut walaupun hanya 3 sampai 6 meter saja, tetap ada kemungkinan untuk terkontaminasi air yang ada di dalam tanah.

Maka dari itu Anda sekarang harus mengerti bahwa tanah yang tepat untuk gali sumur bor, sangat penting untuk disurvei secara benar dan jelas. Ketika sumur bor Anda terkena masalah, maka Anda sendiri yang repot dan harus memanggil jasa sumur bor kembali.